Ahad, 5 Mei 2019

RENUNGAN RAMADHAN

SUDAHKAH ANGGOTA TUBUHMU JUGA BERPUASA

๐Ÿ”–Bagian Pertama๐Ÿ”–

Wahai saudaraku!

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat ibadah kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Dan diantara hikmah disyariatkannya ibadah puasa Ramadhan adalah mencetak insan yang bertaqwa kepada Allah. Allah Ta’ala berfirman;

{ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ูƒُุชِุจَ ุนَู„َูŠْูƒُู…ُ ุงู„ุตِّูŠَุงู…ُ ูƒَู…َุง ูƒُุชِุจَ ุนَู„َู‰ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ِูƒُู…ْ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชَุชَّู‚ُูˆู†َ}

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

[QS. Al-Baqarah:183]

Untuk memberikan kemudahan kepada umat ini dalam meraih predikat sebagai insan yang bertaqwa, maka Allah Ta’ala membuka lebar-lebar pintu-pintu Jannah dan tidak ada satupun pintu Jannah yang tertutup, dan Allah menutup pintu-pintu Neraka dan tidak ada satupun pintu Neraka yang terbuka, dan Allah juga membelenggu para setan-setan yang terkutuk yang suka menggoda manusia untuk bermaksiat dan jatuh kedalam dosa. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

"ุฅِุฐَุง ุฏَุฎَู„َ ุฑَู…َุถَุงู†ُ ูُุชِّุญَุชْ ุฃَุจْูˆَุงุจُ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ ูˆَุบُู„ِّู‚َุชْ ุฃَุจْูˆَุงุจُ ุฌَู‡َู†َّู…َ ูˆَุณُู„ْุณِู„َุชْ ุงู„ุดَّูŠَุงุทِูŠู†ُ"

"Apabila bulan Ramadhah datang, maka pintu-pintu Jannah dibuka, sedangkan pintu-pintu jahannam ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu".

[HR. Al-Bukhari-Muslim dari sahabat Abu Hurairah]

Perhatikanlah wahai saudaraku!

Kaum muslimin terlihat begitu semangat beribadah, baik dalam ibadah shalat berjama’ah, puasa, bershadaqah dan amalan shaleh yang lainnya.

Padahal suasana seperti ini tidak pernah terlihat sebelumnya, namun tatkala datang bulan Ramadhan terlihat kaum muslimin memiliki antusias untuk beribadah.

Yang dulunya tidak pernah shalat lima waktu, ketika bulan Ramadhan tiba, begitu ringannya untuk melangkah ke masjid.

Yang dulu berat berpuasa meskipun cuma sehari saja, tatkala ketika bulan Ramadhan tiba, begitu ringannya berpuasa, padahal dia harus berpuasa satu bulan penuh.

Yang dulu mungkin kikir untuk bershadaqah, ketika bulan Ramadhan datang, begitu ringannya tangan ini untuk membantu fakir miskin dan anak yatim. Ini semua adalah kemudahan dari Allah Ta’ala untuk hamba-hamba-Nya.

Ramadhan adalah bulan pembinaan iman yang mana dengan ini akan mencetak generasi-generasi umat yang bertaqwa kepada Allah.

Dan inilah diantara tujuan disyariatkannya ibadah puasa.

Sungguh suatu momen yang tepat, untuk kita manfaatkan bulan yang agung ini sebagai bulan pembinaan iman dengan banyak menjalankan amalan-amalan shaleh, sehingga kita bisa keluar dari bulan ini dengan membawa predikat sebagai insan yang bertaqwa.

Bersambung in syaa Allah…..
-----------------------------
✒ Ditulis oleh Abu Ubaidah Iqbal bin Damiri al-Jawi_di kota Ambon Manise,
--------------------------------------
Forum Permata Muslimah Salafiyyah ๐Ÿ“š

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Lokasi: Kolej Komuniti Masjid Tanah 78300 Melaka. Konsultasi percuma.

Sapu je lega

 #MINYAK_HERBA_ASMAK_ sesuai_ untuk ⤵⤵⤵⤵⤵⤵ ๐Ÿ‘ถ Bayi yang #batuk & #kahak berpanjangan ๐Ÿ‘ถ Bayi #Premature yang mengalami #lung #disease (a...